PENERAPAN METODE KOOPERATIF MODEL TAPPS SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PRAKARYA MATERI PENGOLAHAN PANGAN BUAH DAN SAYURAN PADA SISWA KELAS VII B SMP NEGERI 3 CANDIPURO

  • Khusnul Khotimah SMP Negeri 3 Candipuro
Keywords: Prakarya, Metode Kooperatif, Tapps

Abstract

Pembelajaran prakarya penyerapan informasi bukan menjadi trolak ukur utama dalam pembelajaran, akan tetapi perlu juga diimbangi dengan pengembangan dan pemrosesan informasi. Untuk itu aktivitas peserta didik perlu ditingkatkan dalam pemberian latihan dan tugas prakarya dengan berbasis pada kerja kelompok yang mana pada kelompok tersebut mereka bisa menjelaskan ide mereka di dalam anggota kelompok ataupun di luar anggota kelompok. tujuan dari penelitian ini adalah: untuk  mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa setelah diterapkannya metode pembelajaran kooperatif model TAPPS dan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar siswa setelah diterapkan metode pembelajaran kooperatif model TAPPS. Subyek dari penilitan ini adalah siswa kelas VII B dengan jumlah 25 siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas VII B SMP Negeri 3 Candipuro Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2014 – 2015. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (68,00%), siklus II (76,00%), siklus III (88,00%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode kooperatif model TAPPS dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar Siswa kelas VII B SMP Negeri 3 Candipuro Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2014 - 2015, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran Prakarya.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-02-26
Section
Articles