Peningkatan Hasil Belajar Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan Dengan Media Lingkungan Sekolah

  • Ita Ayu Rianawati SMP Negeri 2 Dongko Trenggalek
Keywords: Media, Fungsi Jaringan Tumbuhan

Abstract

Pembelajaran yang cenderung tidak bervariasi membuat siswa jenuh belajar biologi sehingga ketuntasan belajar biologi sebelumnya tidak maksimal. dimana tingkat ketuntasan belajar IPA sebelumnya 64% secara klasikal. Untuk mengatasi permasalahan tersebut di atas. maka dilaksanakan penelitian tindakan kelas dengan judul: “Peningkatan Hasil Belajar Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan Dengan Media Lingkungan Sekolah Pada Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 2 Dongko Trenggalek Tahun Pelajaran 2014/2015”. Pemilihan media didasarkan pada pertimbangan mudah didapat, murah dan sesuai dengan materi yang sedang dipelajari siswa. Penelitian yang dilaksanakan merupakan Penelitian Tindakan kelas yang menggunakan 2 siklus 4 tahap. Dari hasil penelitian dapat diketahui perkembangan nilai rata-rata kelas pada saat pra sikus  64,24 , pada siklus 1 menjadi 71,16 dan menjadi 75,65 pada siklus 2. Sedangkan persentase ketuntasan kelas pada saat pra siklus adalah 64%, menjadi 76% pada siklus 1 dan mencapai 92% pada siklus 2. Dengan demikian dapat disimpulkan bahawa penggunaan media sekitar dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII A tahun pelajaran 2014/2015 pada materi Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-08-27
Section
Articles