Penerapan Problem Based Learning Dengan Memanfaatkan CD Interaktif Pokok Bahasan Kesebangunan dan Kekonruenan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

  • Imam Baehaqi MTs Nadlatut Thalabah Jember
  • Asri Widiatsih IKIP PGRI Jember
Keywords: Problem Based Learning, CD Interaktif, Kesebangunan dan Kekonruenan

Abstract

Pentingnya peranan matematika dalam kehidupan manusia terutama dalam usaha pengembangan IPTEK menuntut semakin diperlukannya pembelajaran yang dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika. Penerapan Problem Based Learning memungkinkan siswa untuk menemukan konsep matematika menurut mereka sendiri. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu, bagaimana aktivitas dan hasil belajar siswa dalam penerapan Problem Based Learning. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan penerapan Problem Based Learning pada pokok bahasan kesebangunan dan kekonruenan, dan untuk meningkatkan ketuntasan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan. subyek  siswa kelas IX MTs Nadlatuh Thalabah Kabupaten Jember. Berdasarkan hasil analisis data pada siklus 1 aktivitas siswa secara klasikal adalah 61,86% dan hasil belajar 60,60%. Siklus 2 aktivitas siswa mencapai 74,99% dan hasil belajar menjadi 90,90%. Hal ini menunjukkan ada peningkatan sehingga dapat dinyatakan tuntas. Terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar pada siswa kelas IX MTs Nadlatuh Thalabah dengan menggunakan penerapan Problem Based Learning.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-03-02
Section
Articles