Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa SMPN 11 Jember

  • Farid Wadjdi SMP Negeri 11 Jember
Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT, Prestasi Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dalam meningkatkan  prestasi  belajar  pada  siswa    kelas  VIII  C SMPN 11 Jember. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dimulai dari Nopember 2019 sampai dengan bulan Januari 2020. Subjek dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII C SMPN 11 Jember Tahun pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 31 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi kemampuan berpikir kritis dan tes prestasi belajar. Setelah data terkumpul, data dianalisis menggunakan rumus rata-rata (mean) dan persentase. Hasil penelitian menunjukkan meningkatnya prestasi belajar matematika siswa. Hal ini dapat terbukti dari hasil tes prestasi belajar matematika siswa pada siklus I nilai rata-rata siswa mencapai 72,45 dengan ketuntasan belajar 58,06%. Setelah dilakukan siklus II nilai rata-rata siswa mengalami peningkatan menjadi 77,42 dengan ketuntasan belajar mencapai 80,65%.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-03-02
Section
Articles