Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada Siswa Kelas VIII-A SMP Negeri 1 Ajung

  • Bambang Budiharto SMP Negeri 1 Ajung
Keywords: Model Problem Based Learning (PBL), Hasil Belajar IPS

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa  dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL)  Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Instrumen yang dipakai adalah lembar observasi, dan tes hasil belajar (pos test). Temuan hasil penelitian ini menunjukkan terjadinya peningkatan hasil belajar IPS VIIIA SMPN 1 Ajung, ini terlihat dalam rangkaian siklus I dan siklus II. Pada Siklus I nilai rata-rata 71,09, nilai terendah 50 dan nilai tertinggi adalah 80.dari 32 siswa yang mengikuti tes siklus I, Terdapat siswa mencapai nilai KKM 19 siswa dan 13 siswa belum mencapai nilai KKM, dengan presentase ketuntasan 59,4%. Pada siklus II nilai rata-rata sebesar 81,6, nilai terendah 65, nilai tertinggi 95. mengalami peningkatan yang  menunjukkan 29 siswa telah mencapai nilai KKM, dan 3 siswa belum mencapai nilai KKM, dengan presentase ketuntasan 90,6%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar IPS melalui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL)

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-03-02
Section
Articles