Upaya Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kreatif dengan Menggunakan Media Gambar Binatang pada Pelajaran IPA

  • Afif Amroellah Universitas Abdurachman Saleh Situbondo
Keywords: KKeterampilan Berpikir Kreatif, Media Gambar Binatang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan mediagambar binatang pada pelajaran IPA Siswa Kelas V MI. Misbahul Hidayah tahun pelajaran 2019/2020, serta subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V MI. Misbahul Hidayah Tahun Pelajaran 2019/2020 dengan jumlah responden 15 siswa. Sekolah tersebut jumlah dari sampel secara keseluruhan yaitu 87 siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian kolaboratif yaitu partisipatif antara guru, siswa dan asisten atau teknisi yang terkait membantu proses pembelajaran. Dalam penelitian tindakan ini, peneliti melakukan suatu tindakan secara khusus diamati terus-menerus, dilihat plus minusnya, kemudian diadakan pengubahan terkontrol sampai pada upaya maksimal dalam bentuk tindakan yang paling tepat. Penelitian tindakan adalah salah satu strategi pemecahan masalah yang memanfaatkan tindakan nyata dan proses pengembangan dalam mendeteksi dan memecahkan masalah. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media gambar binatang siswa kelas V MI. Misbahul Hidayah tahun pelajaran 2019/2020 dapat meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa. Ada peningkatan keterampilan berpikir kreatif yang mencapai 47% pada prasiklus, 60% pada siklus I menjadi 87% siklus II melalui penggunaan media gambar binatang.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-03-03
Section
Articles