STUDI EKSPLORASI DAN KOMPARASI: SITUASI BELAJAR DARING DI MASA PANDEMI COVID 19 PADA MAHASISWA

  • Imam Hasan Politeknik Harapan Bersama
Keywords: Situasi Belajar Daring, Covid-19, Hasil Belajar

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui situasi belajar daring yang dirasakan mahasiswa selama pandemi covid-19 dan pengaruhnya terhadap hasil belajar. Penelitian ini menggunakan penelitian mixed methods model sequential tipe exploratory. Data penelitian bersumber dari data primer dan data sekunder. Metode analisis data menggunakan dua alat metode. Penelitian kualitatif yaitu metode analisis kualitatif model interaktif, sedangkan penelitian kuantitatif yaitu regresi linear sederhana dengan uji signifikasi dan uji determinasi. Hasil penelitian menyebutkan bahwa cenderung merasa antusias mengikuti perkuliahan daring karena fleksibel waktu dan tempat, namun jika terkendala teknis membuat mereka kurang antusias. Kehadiran dosen dalam perkuliahan daring juga sangat membantu mahasiswa mempelajari materi, memotivasi dan membimbing mereka. Materi yang diberikan selama perkuliahan dirasa lengkap sesuai dengan RPS, kelengkapan materi ini didukung dengan ketersediaan bahan ajar dari prodi. Peralatan device dan fasilitas fisik di rumah yang memadai juga ikut mendukung dalam mengikuti serangkaian kegiatan perkuliahan daring sehingga semakin menambah motivasi mereka juga untuk dapat terus semangat dan beradaptasi dengan mode kuliah yang baru ini. Selanjutnya, jika dihubungkan dengan hasil belajar. Situasi belajar daring tidak berpengaruh terhadap hasil belajar mahasiswa. Kondisi ini terjadi karena mahasiswa sudah mampu beradaptasi dengan kebiasan baru pada mode daring untuk perkuliahan.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bramasta, D. B. (2020). Menteri Nadiem Wacanakan Belajar Jarak Jauh Permanen Setelah Pandemi Covid-19, Mungkinkah? Halaman all - Kompas.com. Retrieved from https://www.kompas.com/tren/read/2020/07/03/155830065/menteri-nadiem-wacanakan-belajar-jarak-jauh-permanen-setelah-pandemi-covid?page=all
Creswell, J. W. L., & Poth, C. N. (2013). Qualitative Inquiry Researhc Design: Choosing Among Five Approaches (Third Edit, Vol. 53). Beverly Hills: SAGE Publications, Inc.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS, Edisi Keempat. In Semarang: Univesitas Diponegoro. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Harmini, T. (2017). Pengaruh Kesiapan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Kalkulus. M A T H L I N E : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(2), 145–158. https://doi.org/10.31943/mathline.v2i2.42
Kamala, S. (2021). Instructional Technology 3 (A.N.G.R.A.U., Ed.). Hyderabad: Ranga Agricultural University.
Lestariningsih, N., & Suardiman, S. P. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Tematik-Integratif Berbasis Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Karakter Peduli Dan Tanggung Jawab. Jurnal Pendidikan Karakter, 7(1). https://doi.org/10.21831/jpk.v7i1.15503
Murniati, M. P., Purnamasari, S. V., R, S. D. A., Chrismatuti, A. A., Sihombing, R., & Warastuti, Y. (2013). Alat-alat Pengujian Hipotesis. Semarang: Penerbitan Unika Soegijapranata.
Rigianti, H. A. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Guru Sekolah Dasar Di Banjarnegara. Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An, 7(2), 43–54. https://doi.org/10.31316/esjurnal.v7i2.768
Sagoro, E. M. (2013). Pensinergian Mahasiswa, Dosen, Dan Lembaga Dalam Pencegahan Kecurangan Akademik Mahasiswa Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 11(2), 54–67. https://doi.org/10.21831/jpai.v11i2.1691
Sugiyono. (2013a). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methoders). Bandung. Alfabeta.
Sugiyono. (2013b). Metode Penelitian Kualitatif dan Kombinasi. Bandung: Alfabeta.
Published
2022-01-29
Section
Articles