PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN TESTLET UNTUK MENGUKUR PEMAHAMAN KONSEP MATERI OPTIK

  • Lis Suswati STKIP BIMA
Keywords: Instrumen Penilaian, Pemahaman Konsep, Optik, Testlet

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian berbentuk tes testlet untuk mengukur pemahaman konsep materi optik dan alat optik dan  di salah satu SMAN di Kota Bima. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan R&D model ADDIE yang dikembangkan oleh Dick dan Carey. Kelayakan instrumen testlet diperoleh dari hasil validasi oleh dua validator. Nilai rata-rata yang diperoleh dari dua  Validator 3,54 yang tergolong sangat layak (Valid). Selain itu dilakukan validasi oleh peserta didik  salah satu SMAN  di Kota Bima sehingga diperoleh 34 soal yang valid dari 40 soal dengan tingkat reliabilitas sangat tinggi yaitu 0,82 menunjukan kejengan yang soal yang baik. Pengembangan item soal dalam bentuk testlet sangat layak sebagai alternatif instrumen penilaian konsep untuk materi optik dan alat optik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arianti, N, Yulianti, L, Sunaryono. 2018. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan. Perubahan model mental siswa pada materi Alat Optik melalui Eksperimental Learning. Vol 3 Nomor 5 (575-580).
Arikunto. S.2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta:Bumi Aksara.
Endang Mulyatiningsih. (2013). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan.
Bandung: Alfabeta.
Indri, O.W & Nurasyid, F. 2020. Journal of Physics. Developmen of Testlet Instrumens to Measure Science Prosess Skill on Static Fluid. Conference series Vol 1521 No 2, p, 022030 IOP Publishing.
Kristiyanto, S, Ashadi, Yamtinah, S, Mulyani, S. 2019. Jurnal Kimia dan Pendidikan Kimia. Pengembangan Computerized Testlet untuk Mengukur Keterampilan Proses dan Sains pada Materi Stoikiometri. Vol 4, No 3.
Nova, A.R TFT, Parno, Koes, S.H. 2016. Jurnal Pendidikan : Teori, Penelitian, dan Pengembangan. Pengembangan istrumen Assesmen Penguasan Konsep Tes Testlet pada Materi Suhu dan Kalor. Vol 1 nomor 6 Juni
Okthana, Ekha, Rudibyani, R.B, Sofia, E. 2017. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia. Pengembangan Instrumen Instrument Asesmen Pengetahuan untuk mengukur pengetahuan konsep fisika. Vol 6, No 1 Edisi April, 74-85.
Ratna, I, Yamtinah, S, Masykuri, M, Ashadi,M., & Sidiq, A.S. 2017. International Conference on Teacher training and Education (ICTTE).The Implementation of Testlet Assessment Instrument in Solubiity and Solubility Product Material for Measuring Students’ Generic Science Skills. Atlantis Press.
Yamtinah, S. Masykuri, M, Ashadi, M & Shidiq, A.S. 2017. AIP Conference Proceedings AIP Publishing LLC . Gender difference ini students’ attitudes toward science : An analysis of students’ science prosess skill using testlet instrument.. Vol 1868, No.1, p. 030003. Agustus..
Yamtinah, S, Masykuri, M, Ashadi,M., & Sidiq, A.S. 2017. In Insternasional Conference on Teacher Training and education (ICTTE).An Analysis of Students’ Science Proses Skill in Hydrolysis Subject Matter Using Testlet Instrument. Atlanta Press.
Published
2022-01-29
Section
Articles