PENGEMBANGAN ALAT UKUR MINAT KARIR PADA LULUSAN SEKOLAH MENENGAH ATAS

  • Wahid Suharmawan Universitas PGRI Argopuro Jember
Keywords: Alat Ukur, Minat, Karir, Sekolah Menengah Atas

Abstract

Berdasarkan hasil perhitungan dapat disimpulkan bahwa Alat Ukur Minat untuk Pengembangan Karir pada Lulusan Sekolah Menengah Atas yang terdiri dari dua bagian yaitu Aktivitas dan Pekerjaan masih memerlukan modifikasi untuk mampu memenuhi kaidah psikometri yaitu memiliki item yang baik, reliabel dan valid. Alat ukur Minat untuk Pengembangan Karir pada Lulusan Sekolah Menengah Atas yang dikembangkan pada  penelitian ini telah berhasil  memenuhi tujuan praktisnya  yaitu dapat  dikerjakan dalam waktu  yang  singkat  dan  kemudahan  bagi responden untuk memahami instruksinya tanpa dibimbing. Untuk pengembangan selanjutnya disarankan untuk membuat item yang lebih banyak untuk kemudian diambil item yang memiliki korelasi tinggi untuk digunakan pada alat ukur Aktivitas.  Jumlah responden yang kurang memadai pada penelitian ini, mungkin dapat dilakukan dengan lebih baik pada penelitian lainnya, disarankan agar  responden yang diambil lebih banyak dari 180 orang untuk dapat mengukur validitas alat ukur ini atau dilakukan proses validitas dengan tehnik yang lain, terutama untuk alat  ukur Pekerjaan yang telah reliabel.  Pada  bentuk  akhirnya alat ukur tetap disarankan untuk terdiri dari 60 item untuk alat ukur aktivitas, sementara untuk alat ukur pekerjaan disarankan untuk memiliki jumlah item yang lebih sedikit, mungkin sekitar 60 item dengan pertimbangan kebutuhan praktisnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arthur, M.B., Hall, D. T. & Lawrence, B. S. (1989). Handbook of career theory. Cambridge: Cambridge University Press.
Brown, D., Brooks, L., & Associates (1990). Career choice and Development: Applying contemporary theories to practice 2nd ed. San Francisco: JosseyBass.
Frade, Nelia. (2004). An Investigation to Determine The Differential Effects of two Test Interpretation Styles, in Career Counselling. Rands Afrikaans University, Department of Psychology.
Isaacson, L.E., & Brown, D. (1997). Career information, Career Counselling, and Career Development 6th ed. Boston: Allyn & Bacon .
Lowman, R.L. (1997). Clinical practise of career assessment: Interest, abilities, and personality. Washington, DC:American Psychology Association.
Santrock, John W. (2001). Educational Psychology, Eight Edition. New York: McGraw-Hill.
Sharf, R.S. (2006). Applying career development theory to counselling 4nd ed. Pacific Grove: Brooks/Cole.
Johnson, S. (2000) Career Development Theory diambil pada bulan Mei dari http://www.careernet.state.md.us/careertheory.htm
NN. (2003). Holland Personality Types and Environment Models. California State University, Sacramento. www.wsus.edu/careercentre
NN. (2002). Holland Theory. Kansas State University, Academic and Carer Development Centres. www.ksu.edu
Published
2022-02-01
Section
Articles