PENGARUH EFIKASI DIRI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMK MUHAMMADIYAH 4 KALISAT PADA MASA PANDEMI COVID 19

  • Sri Redjeki Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Rofatul Muawanah Universitas PGRI Argopuro Jember
Keywords: Efikasi Diri, Prestasi Belajar, Pandemi COVID 19

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh efikasi diri terhadap prestasi belajar siswa di SMK Muhmmadiyah 4 Kalisat pada masa pandemi Covid 19. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian korelasi. Terdapat dua variabel yang digunakan yaitu efikasi diri (X) sebagai variabel bebas dan prestasi belajar (Y) sebagai variabel terikat. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis non probability sampling dengan teknik purposive sampling, dengan jumlah sampel 44 orang.Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh efikasi diri terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaraan administrasi transaksi di SMK Muhammadiyah 4 Kalisat. Dengan tingkat pengaruh sebesar 81.8% ,  dan sisanya 18.2% dipengaruhi faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini .

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad Syafi’i , Tri Marfiyanto, Siti Kholidatur Rodiyah, 2018, Studi Tentang Prestasi Belajar Siswa Dalam Berbagai Aspek Dan Faktor Yang Mempengaruhi, Jurnal, Universitas Sunan Giri Surabaya.
Harwanti Noviandari, Jawahirul Kawahib, 2016, Teknik Cognitive Restructuring Untuk Meningkatkan Efikasi diri Belajar Siswa, Jurnal, Universitas PGRI Banyuwangi.
Lasmita Sihaloho, Agus Rahayu, Lili Adi Wibowo, 2018, Pengaruh Efikasi Diri (Efikasi diri) Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas Xi Ips Sma Negeri Se-Kota Bandung , Jurnal, Universitas Pendidikan Indonesia.
Lely Suryani, Agnes Pendy, Stefania B. Seto ,2020, Pengaruh Efikasi Diri Dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Kuliah Geometri Dasar Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Flores, Jurnal , Universitas Flores.
Lely Suryani, Stefania Baptis Seto, Maria Goretty D. Bantas ,2020, Hubungan Efikasi Diri Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Berbasis E-Learning Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Flores, Jurnal , Universitas Flores.
M.Nur Gufron & Rini Risnawita S,2012, Efikasi diri, AR Ruzz Media, Jogjakarta
Masni Erika, Siti Rahmawati, 2020, Meningkatkan Keyakinan Diri Siswa di Masa Pembelajaran Online selama Pandemi Covid-19, Jurnal,Universitas Al – Azhar Indonesia
Moh.Zaiful Rosyid, 2020, Prestasi belajar, CV.Literasi Nusantara Abadi,Malang
Monika, Adman, 2017, Peran Efikasi Diri Dan Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan, Jurnal, Universitas Pendidikan Indonesia.
Punaji, 2016, Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan,Prenada Media Group, Jakarta
Sugiyono,2010, Metode Penelitian Pendidikan , Alfaberta, Bandung
Sugiyono,2015, Metodologi Penelitian Pendidikan , Alfaberta, Bandung
Sugiyono,2017, Metodologi Penelitian Kunatitatif, Kualitatif, dan R&,Alfaberta, Bandung
Suharsimi Arikunto,2019, Prosedur Penelitian, PT Rineka Cipta, Jakarta
Syofian Siregar, 2013, Metode penelitian kuantitatif, Kencana, Jakarta
Tita Tanjung Sari ,2020, Self-Efficacy Dan Dukungan Keluarga Dalam Keberhasilan Belajar Dari Rumah Di Masa Pandemi Covid-19, Jurnal , Universitas Wiraraja.
Titi Purwitasari Handayani , 2020, Efikasi diri Dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Kebidanan Pada Mata Kuliah Asuhan Persalinan , Jurnal , Stikes Karsa Husada Garut.
Wahdania, Ulfiani Rahman, Sri Sulasteri , 2017, Pengaruh Efikasi Diri, Harga Diri Dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas X Sma Negeri 1 Bulupoddo Kab. Sinjai , Jurnal , Uin Alaudin Makassar.
Wahyu Fitra Ningsih Dan Isnaria Rizki Hayati ,2020, Dampak Efikasi Diri Terhadap Proses & Hasil Belajar Matematika, Jurnal, Univeraitas Pahlawan.
Published
2022-01-29
Section
Articles