PENGEMBANGAN MEDIA POP-UP BOOK EKSISTENSI BUNGKER JEPANG DI KABUPATEN JEMBER UNTUK MENGUATKAN NASIONALISME SISWA KELAS XI SMA PLUS BUSTANUL ULUM PUGER TAHUN AJARAN 2018/2019

  • Abdul Azis IKIP PGRI Jember
  • Tantri Raras Ayuningtyas IKIP PGRI Jember
  • Adzkiyak Adzkiyak IKIP PGRI Jember
Keywords: pengembangan media pembelajaran, bungker jepang, nasionalisme

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguatkan sikap nasionalisme siswa kelas XI SMA Plus Bustanul Ulum Puger. Peneliti menggunakan teknik field research. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian Research and Development (R&D). Penelitian ini ditujukan untuk menguatkan sikap Nasionalisme siswa melalui Pengembangan Media Pop-Up Book Eksistensi Bungker Jepang Di Kabupaten Jember. Data yang diambil adalah data uji validitas dan uji reliabilitas. Desain uji coba adalah desain eksperimen one group pre-test dan post-test. Metode analisa menggunakan uji beda rerata, dengan menggunakan taraf signifikansi 5%=0,444 dan 1%= 0,561 dengan N=20 orang siswa pada kelas uji coba terbatas, sedangkan pada kelas luas menggunakan taraf signifikasi 5%=0,361 dan 1%=0,463 dengan N=30. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa, Pengembangan Media Pop-Up Book Eksistensi Bungker Jepang Di Kabupaten Jember dapat menguatkan Nasionalisme Siswa Kelas XI SMA Plus Bustanul Ulum Puger Tahun Ajaran 2018/2019, dengan hasil data uji coba angket pre-test = 63,11%, post-test = 75,41%, serta uji coba ketuntasan belajar yang meningkat dari uji coba awal pre-test = 61,00% menjadi 74,50% pada uji coba post-test pada kelas uji coba terbatas. sedangkan pada kelas luas didapati hasil data uji coba angket pre-test = 67,36% dan post-test = 78,60%, dan pada uji coba ketuntasan belajar meningkat dari uji coba pre-test = 62,16% menjadi 77,66% padauji coba post-test.

Published
2020-01-07
Section
Articles