IMPLEMENTASI MEDIA FLASH CARD UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS X IPS I PEMBELAJARAN SEJARAH DI MADRASAH ALIYAH AI-HIDAYAH KARANGHARJO SILO TAHUN AJARAN 2018/2019

  • Mia Riska Alfianida IKIP PGRI Jember
  • Ahkmad Dzulkaul Fuad IKIP PGRI Jember
  • Tantri Raras Ayuningtyas IKIP PGRI Jember
Keywords: Media Pembelajaran flash card, Minat Belajar

Abstract

Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk: mengimplementasikan media pembelajaran dan menganilisis pengaruh media flash card terhadap minat belajar siswa kelas X IPS 1 Madrasah Aliyah Al-hidayah pada pembelajaran kerajaan hindu budha di Indonesia. Penelitian ini menggunakan salah satu metode dari banyak metode yaitu metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Menggunakan model Kemmis & McTaggart(Planing, Act Observe, Reflect). Penelitian ini dilakukan di Madrasah Aliyah Al-hidayah dengan subjek penelitian siswa kelas X IPS 1 dengan jumlah siswa 35. Data yang dikumpulkan melalui dua cara yaitu lembar observasi dan angket. Teknik analisi data yang di gunakan pada PTK ini yaitu statistic deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan : (I) siklus I menunjukkan prosentase minat belajar siswa sebesar 59,61% dan masuk kategori sedang, (II) siklus II hasil dari minat belajar siswa prosentasenya meningkat menjadi 83,76% yang artinya kategori tinggi, sehingga berdasarkan hasil angket dan implementasi media pembelajaran flash card dapat di simpulkan bahwa flash card mampu membuat siswa semakin meningkat dalam minat belajar.

Published
2020-01-07
Section
Articles