"PEMBELAJARAN IPS MENINGKATKAN KEMAMPUAN EKOLITERASI PESERTA DIDIK"

  • Ernandia Pandikar STKIP Pasundan Cimahi
Keywords: : Ilmu Pengetahuan Sosial, Ekoliterasi, Project Based Learning

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah memberikan pemahaman akan pentingnya ecoliterasi  pada siswa di tengah-tengah tuntutan zaman yang berubah pada segala aspek terutama pendidikan. Penelitian ini merupaka penelitian kualitatif. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah studi pustaka. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) mampu untuk meningkatkan ecoliterasi pada siswa melalui Project Based Learning yang dapat diterapkan pada kegiatan belajar mengajar. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPS yang mengintegrasikan Project Based Learning tentang isu-isu global terkini mampu menumbuhkan sikap sadar siswa untuk menjaga lingkungan hidupnya.

References

Basuki, Sulistyo.(2010).Metode Penelitian, Jakarta: Penaku
Baudrillard, J. P. (2011). Masyarakat Konsumsi. Yogyakarta: Kreasi Wacana
Capra, F. (2002). Jaring-Jaring Kehidupan. Yogyakarta: Fajar Pustaka Baru
Freire, Paulo. (1995). Education for Critical Consciousness. New York: Seabury Press.
Goleman, D (2010), Ecological Intelligence: Mengungkap Rahasia di Balik Produk-Produk yang Kita Beli. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Kincheloe, Joe, (2008). Knowledge and Critical Pedagogy (Explorations of Educational Purpose 1) an Introduction. Pringer Science. Business Media B.V Canada.
Miles, M. B.,& Huberman, A. M.(1994) Qualitative Data Analysis: An expanded sourcebook (2nd ed.). Sage Publications, Inc
Nugroho Notosusanto, (1980) Masalah Penelitian Sejarah Kontemporer, Jakarta: Yatasan Idayu.
Patti, Lather (1986) Research as Praxis. Harvard Educational Review: September 1986, Vol. 56, No. 3, pp. 257-278.
Sapriya. (2011). Pendidikan IPS: Konsep dan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Supriatna, N. (2016) Ecopedagogy; Membangun Kecerdasan Ekologis dalam Pembelajaran IPS. Bandung: Remaja Rosdakarya
Stone, M K., & Barlow, Z (2005) Ecologycal Literacy: Educating Our Children for a Sustainable World. San Francisco: Sierra Club Books
Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003. 2005. Bandung: Nuansa Ilmu
Varela, F.J. (1999) Ethical know-how. Stanford CA: Stanford University Press.
von Glasersfeld, E (1996) Radical constructivism: A way of knowing and learning. London UK: Falmer Press
Zulkifli, A (2014). Dasar-Dasar Ilmu Lingkungan. Jakarta: Penerbit Salemba

Jurnal:
Kahn, Richard. (2014). Towards Ecopedagogy: Weaving a Broad-based Pedagogy of Liberation for Animals, Nature, and the Oppressed People of the Earth. Researchgate
Karim, Abdul. (2017). Mengembangkan Kesadaran Melestarikan Lingkungan Hidup Berbasis Humanisme Pendidikan Agama. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam Vol. 12, No. 2. Pp. 309-330.
Mutiani. (2017). IPS dan Pendidikan Lingkungan: Urgensi Pengembangan Sikap Kesadaran Lingkungan Peserta Didik. Sosio Didaktika: Social Science Education Journal, 4 (1), pp 45-53
Susanto, A.B. (2008). Pendidikan Penyadaran Paulo Freire. At-Ta’dib Vol.4 No.1 pp 81-100.
Published
2020-07-29
Section
Articles