PERUBAHAN PERILAKU SANTRI DARI STATUS SANTRI MENJADI SISWA (STUDI KASUS DI SMP PLUS MIFTAHUL ULUM PADA LINGKUNGAN PONDOK PESANTREN AL-USYMUNI TARATE PANDIAN SUMENEP)

  • Hamidi Rasyid Universitas Islam Raden Rahmat Malang
Keywords: Perubahan Perilaku, Santri pondok pesantren Al-Usymuni dan Siswa SMP Plus Miftaul Ulum

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan perubahan perilaku santri ketika berstatus menjadi santri dan menjadi siswa serta juga memberikan gambaran faktor-faktor apa saja yang memperngaruhi perubahan perilaku santri tersebut baik secara internal maupun eksternal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengambilan data dilakukan pada Kepala Sekolah, guru-guru, Ustadz/ah, pengurus pondok dan Santri. Teknik pengambilan data dilakukan dengan cara wawancara, kajian domumen dan observasi ke dalam kehidupan santri baik ketika di pondok maupun di sekolah. Data hasil penelitian disajikan dalam bentuk deskriptif. Pemeriksaan keabsahan data dilaksanakan dengan  teknik triangulasi. Model analisis   dilakukan dengan  reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan atau verivikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa status sebagai santri itu lebih melekat terhadap mereka daripada status sebagai siswa karena memang tujuan awal mereka adalah mondok bukan sekolah, sedangkan yang mempengaruhi perubahan perilaku mereka banyak sekali faktornya baik secara individu dan lingkungan atau faktor internal dan eksternal.

References

Alwisol.( 2009 ). Psikologi Kepribadian. Malang: UMM Press

nissa, N, A.( 2012 ). “Hubungan Antara Konsep Diri dan Kematangan Emosi Dengan Penyesuaian Diri Istri Yang Tinggal Bersama Keluarga Suami”. Jurnal Psikologi Pitutur-Vol. 1 No. 1

Cervone, D & Pervin,L, A.(2012). Kepribadian: Teori dan Penelitian (Personality: Theory and Research). Jakarta, Salemba Humanika
Clifford, G.( 2005 ). Abangan, Santri, Priyai Dalam Masyarakat Jawa. Yogyakarta: Pustaka Jaya.

Creswell, J. W. (2015). Penelitian kualitatif & desain riset. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Darmopoli, Mujiono, D.( 2011 ). Pesantren Modern IMMIM; Pencetak Muslim Modern. .Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Desi, A, R.( 2012 ). “Pengaruh Sinetron Terhadap Perubahan Perilaku Negatif Remaja di Desa Demangan Siman Ponorogo (Study Kasus RT 01 & RT 02 RW 01 di desa Demangan Siman Ponorogo)”. Skripsi. (Ponorogo: UNMUH Ponorogo)

Desmita.(2005). Psikologi Perkembangan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Dewi, H.( 2014). “Mahasiswa dan Perubahan Sosial (Studi Tentang Perubahan Perilaku Keagamaan Mahasiswa Alumni Pondok Pesantren Bahrul Ulum Jombang di Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya)”. Skripsi. Surabaya: UIN Sunan Ampel

Dyah, A.( 2012 )“Perbedaan Penyesuaian Diri Santri Di Pondok Tradisional dan Modern”. Jurnal Talenta Psikologi- Vol. 1 No. 2

Gerungan.(2010). Psikologi Sosial. Bandung: PT. Refika Aditama

Ghazali, M. B.( 2003). Pesantren Berwawasan Lingkungan. Jakarta: CV. Prasasti

Hendriati, A.( 2009 ). Psikologi Perkembangan (Pendekatan Ekologi Kaitannya dengan Konsep Diri dan Penyesuaian Diri pada Remaja. Bandung: PT. Refika Aditama

Herdiansyah, H. (2012). Metodologi penelitian kualitatif: untuk ilmu-ilmu sosial Jakarta: Salemba Humanika

Ikhsan, M.( 2007 ). “Kepemimpinan Kiai di Pondok Pesantren Wali Songo Ngabar Ponorogo Jawa Timur”. Tesis. Yogyakarta: Program Pasca Sarjana Universitas Islam Sunan Kalijaga,

Iman,N. (2012). “Wakaf dan Kemandirian Pendidikan (Studi Pengelolaan Wakaf di Pondok Modern Darussalam Gontor Ponorogo). Disertasi. Semarang: Program Doktor Institut Agama Islam Negeri Walisongo

Indra, H. (2005). Pesantren dan Transformasi Sosial “Studi Atas Pemikiran KH. Abdullah Syafe’i Dalam bidang pendidikan Islam”. Jakarta, Penamadani

Kumalasari, F.( 2012 ). “Hubungan Antara Dukungan Sosial Dengan Penyesuaian Diri Remaja Di Panti Asuhan”. Jurnal Psikologi Pitutur-Vol. 1 No. 1

Lisya, C & Subandi, M.A.( 2010). Psikologi Santri Penghafal Al- Qur’an Peranan Regulasi Diri. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Mahmud.(2012). Psikologi Pendidikan. Bandung: CV. Pustaka Setia

Putra, D, H.(2007 ). Sejarah Pertumbuhan dan Pembaharuan Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Santrock, J. W.(2007). Psikologi Perkembangan Jilid 2. Jakarta: Erlangga

Sarwono, S, W.(2011). Psikologi Remaja. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada

Suhartono,D. (2005). “Manajemen Pembelajaran Pondok Pesantren:Studi Kasus Pondok Pesantren Al-Munawir Krapyak Yogyakarta. Tesis. Surabaya: Program Pasca Sarjana Universitas Sunan Giri
Published
2020-07-29
Section
Articles