INTEGRASI NILAI-NILAI ISLAM DALAM PEMBELAJARAN IPS DI SMP PLUS MIFTAHUL ULUM PANDIAN TARATE SUMENEP

  • Hamidi Rasyid Universitas Islam Raden Rahmat Malang
Keywords: Nilai-Nilai Islam, Pembelajaran IPS

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi bagiamana integrasi nilai-nilai Islam dalam proses belajar mengajar IPS serta bagaimana hasil dari integrasi tersebut dapat menjadikan siswa mempunyai akhlakul karimah baik ketika masih dalam sekolah maupun nanti ketika sudah kembali ditengah-tengah masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan bentuk penelitian studi kasus. Penelitian ini menggunakan teknik dan alat pengumpulan data yaitu: teknik observasi langsung, komunikasi langsing dan  analisis dokumentasi. Alat pengumpulan datanya berupa panduan observasi, panduan wawancara, dan studi dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru dan siswa di SMP Plus Miftahulu Ulum. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam proses belajar mengejar di kelas tidak pernah lepas dari nilai-nilai Islam baik dalam menerangkan materi pembelajaran maupun dalam pemberian contoh dari materi pembelajaran tersebut, dalam pemberian contoh guru mengambil suri tauladan Nabi Muhammad SAW dan para pengasuh pondok pesantren yang menaungi sekolah tersebut.

References

Agung, Leo. (2011). Character Education Integration in Social Studies Learning. Historia: International Journal of History Education. Vol. XII, No. 2.
Anas, Norazmi, Engku Ahmad Zaki dkk. (2013). Integration of Knowledge in Islam: Concept and Challenges. USA: Global Journals. Vol. 13, Issue 10.
Asmaran. (2002). Pengantar Studi Akhlak. Jakarta: Raja Grafondo Persada.
Hasan, B & Saebani,A,B. (2010). Ilmu pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Setia.
Edinyang, D. (2016). The Significance OfSocial Learning Theories In The Teaching Of Social Studies Education. Nigeria: Univercity of Calabar. Vol. 2.
Syaiful Bahri, D. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Wuryani, S,e,d. (2002). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Grasindo.
Menuk,H dkk. (2003). Kamus Pelajar Sekolah Lanjutan Pertama,. Jakarta: Pusat Bahasa.
Hartono, (2011). Pendidikan Integratif. Purwokerto: STAIN Press.
______, (2018). Teori Belajar dan Pembelajaran dalam Al-Qur’an. Purwokerto: STAIN Press.
Kunjiono. (2010). Model-Model pembelajaran. Kediri: Universitas Nusantara PGRI.
Majid, A. (2014). Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mufarrokah, A. (2009). Strategi Belajar dan Mengajar. Yogyakarta: Teras.
Nurhadi. (2011). Menciptakan Pembelajaran IPS Efektif dan Menyenangkan. Jakarta: Multi Kreasi Satu Delapan.
Nurudin, S. (2005). Model Pembelajaran yang Memperhatikan Keragaman Individu Siswa dalam KBK. Tangerang: Quantum Teaching.
Sagala, S. (2012). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Sapriya dkk. (2006). Pembelajaran dan Evaluasi Hasil Belajar IPS. Bandung: UPI Press.
Sapriya. (2009). Pendidikan IPS. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
SSolihatin, E & Raharjo. (2008). Cooperative Learning: Analisis Model Pembelajaran IPS. Jakarta: Bumi Aksara. cet. 3.
Sukayati. (2004). Pembelajaran Tematik di SD merupakan Terapan dari Pembelajaran Terpadu. Yogyakarta: PPPG.
Sunhaji. (2013). Pembelajaran Tematik-Integratif Pendidikan Agama Islam dan Sains. Purwokerto: STAIN Press.
Sunhaji. (2016). The Implementation of Integrated Learning in the Islamic Religion Education as to Grow the Religiosity and Faith of Learners,. International Journal of Huma n an Social Sciene. Vol. 6. No. 11.
Published
2021-02-07
Section
Articles