ANALISIS KETERAMPILAN ABAD 21 DALAM PEMBELAJARAN IPS SECARA DARING DI SMP NEGERI 5 JEMBER

  • Gandung Wirawan IKIP PGRI Jember
  • Ninik Sukarini SMP Negeri 5 Jember

Abstract

Pandemi COVID-19 merubah paradigma pembelajaran konvensional tatap muka ke arah pembelajaran dalam jaringan (daring). Situasi semacam ini membuat dunia pendidikan mau tidak mau harus segera beradaptasi dengan kondisi yang terjadi. Pendidikan IPS sebagai salah satu mata pelajaran yang berfungsi membantu peserta didik dalam mengatasi problematika kehidupan sosial dan bermasyarakat memiliki peran penting untuk membantu siswa memiliki keterampilan abad 21 guna mengatasi permasalahan yang terjadi. Hasil penelitian yang didapatkan menunjukkan bahwa aspek keterampilan abad 21 telah dikembangkan pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 5 Jember, meskipun penilaian yang dilakukan tidak secara eksplisit dan khusus menilai dalam domain Learning and Inovation, Digital Literacy, serta Carrrer and Life Skill, akan tetapi komponen keterampilan abad 21 dimasukkan dalam penilain praktek, produk dan proyek sesuai kurikulum 2013. Kesimpulan dalam penelitian ini diperlukan suatu inovasi untuk mengembangkan keterampilan abad 21 yang begitu penting bagi peserta didik, bisa berupa model pembelajaran yang dilakukan ataupun media pembelajaran mobile games sebagai lingkungan belajar yang terpadu. 

References

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 53 Tahun 2015 Tentang Penilaian Hasil Belajar Oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.
Acikalin, Mehmet (2014) Future of Social Studies Education in Turkey. Journal of International Social Studies, 4:1, 93-102.
Farisi, M. Imam (2016) Developing The 21st- Century Social Studies Skill Through Technology Integration. Turkish Online Journal of Distance Education- TOJDE, 4:2, 16-30.
Wirawan, G., Hurri, I., & Pandikar, E. (2018) Studi Komparatif: Analisis Implementasi Media Audiovisual dalam Pembelajaran IPS di Amerika Serikat dan Turki. JPIS: Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 27:1, 43-51.
Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaj Rosdakarya.
Ratna Hidayah, dkk. (2017) Critical Thinking Skill: Konsep dan Indikator Penilaian. Jurnal Taman Cendekia, 1:2, 127-133.
Sutopo, H.B. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Edisi kedua. Surakarta:Universitas Sebalas Maret
Zhafira, N. H., Ertika, Y., & Chairiyaton, C. (2020) Persepsi Mahasiswa Terhadap Perkuliahan Daring Sebagai Sarana Pembelajaran. Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen, 4:1, 37-45.
Published
2021-02-07
Section
Articles