PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL (VIDEO) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN IPS SMP/MTS DI KECAMATAN TAJINAN

  • Hamidi Rasyid Universitas Islam Raden Rahmat Malang
  • Irma Nur Islamia Universitas Islam Raden Rahmat Malang
Keywords: media audio visual (video), motivasi belajar, pembelajaran IPS

Abstract

Penelitian ini akan mengungkap besarnya motivasi belajar siswa dipengaruhi oleh media audio visual ( Video ) dalam IPS SMP/MTs pada pembelajaran IPS tahun ajaran 2020/2021 di Kecamatan Tajinan. Penelitian ini akan menjawab pertanyaan: Apakah terdapat pengaruh media audio visual pada proses belajar mengajar IPS SMP/MTs di Kecamatan Tajinan terhadap motivasi belajar?. Pada proses penelitiannya peneliti menggunakan metode penelitian kuantitatif. Pengumpulan datanya menggunakan angket ( kuesioner ), observasi,dokumentasi dan metode studi pustaka. Jumlah Populasi dalam penelitian ini berjumlah 1486 dan sampel berjumlah 100 siswa. Hasil penelitian ini menampilkan  adanya Pengaruh penggunaan media audio visual (video) pada pembelajaran IPS terhadap motivasi belajar siswa SMP/MTs di Kecamatan Tajinan adalah sebesar 17%. Artinya adalah sebanyak 17% motivasi belajar dipengaruhi oleh media audio visual (video), sedangakan 83% motivasi belajar siswa disebabkan oleh faktor lain diluar penelitian ini.. adanya pengaruh dari sebuah penggunaan media pembelajaran akan sangat membantu bagi siswa untuk tetap mengikuti proses pembelajaran mata pelajaran IPS dengan keterbatasan masing-masing. Dan tidak bisa dipungkiri pula bahwa ada beberapa sekolah swasta yang ada di wilayah kecamatan Tajinan yang juga berpengaruh dalam rendahnya pengaruh motivasinya disebabkan keterbatasan fasilitas baik yang ada di Sekolah baik guru maupun siswanya.

References

Asyhar, R. (2012). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 9 Tahun 2020 tentang Pedoman Pembatasan Berskala Besar Dalam Rangka Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid 2019). 2020. Jakarta: Menteri Kesehatan Republik Indonesia. Online dari (https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/135220/permenkes-no-9-tahun-2020), diakses 3 Maret 2021.
Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2020 tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar dalam Rangka Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid 19). 2020. Jakarta: Presiden Republik Indonesia. Online dari (https://covid19.go.id/p/regulasi/pp-no-21-tahun-2020-tentang-psbb-dalam-rangka-penanganan-covid-19), diakses 5 Maret 2021.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukiman. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pedagogia.
Tirtrahrdja, U. & Sulo, L. (2012). Pengantar Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Tjanatjantia. Widika. (2013). Sejarah Berdirinya Youtube_Sejarah Dunia. Online dari (https://canacantya.wordpress.com/sejarah/sejarah-berdirinya Youtube), diakses 1 April 2021.
Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan. 2018. Jakarta: Presiden Republik Indonesia. Online dari (https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/90037/uu-no-6-tahun-2018), diakses 3 April 2021.
Published
2021-11-04
Section
Articles