PENERAPAN MEDIA GAME TEKA TEKI SILANG MELALUI TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) DALAM MATA PELAJARAN SEJARAH MANUSIA PURBA UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS X PM DI SMK TRUNOJOYO JEMBER TAHUN AJARAN 2019/2020

  • Moh. Samsul Arifin Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Rina Rohmawati Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Ilfiana Firzaq Arifin Universitas PGRI Argopuro Jember
Keywords: Media Pembelajaran teka-teki silang, Minat Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan media pembelajaran dan menganalisis pengaruh media teka-teki silang terhadap minat belajar siswa kelas X PM SMK Trunojoyo Jember pada pembelajaran asal usul nenek moyang bangsa Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah  metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunkan model Kemmis & McTaggart (Planing, Act, Observe, Reflect). Penelitian ini dilakukan di SMK Trunojoyo Jember dengan subjek penelitian siswa kelas X PM dengan jumlah siswa 25. Pengumpulan data dengan menggunakan lembar observasi dan angket.Hasil penelitian menunjukkan menunjukkan : (I) siklus I menunjukkan bahwa prosentase minat belajar siswa sebesar 68,24%, (II) siklus II prosentase minat belajar siswa meningkat menjadi 76,32%, sehingga berdasarkan hasil angket dan penerapan media pembelajaran teka-teki silang dapat disimpulkan bahwa media teka-teki silang mampu meningkatkan minat belaajaar siswa.

References

Afandi, Muhammad. 2013. Model dan Metode Pembelajaran Disekolah. Modul. Universitas Islam Sultan Agung. Dari http://cyber.unissula.ac.id/ diakses pada 29 September 2020
Arikunto, S (2010), Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: PT Bumi Aksara.
Arikunto, S. (2010) Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek. Edisi Revisi V. Jakarta: Rineka Cipta.
Arsyad , A. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Anitah, Sri.2012. Media Pembelajaran. Surakarta:Yuma Pustaka.
Djamarah, S.B, dan Aswan Z. 2010 . Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Djaali. 2009. Psikologi Pendidikan. PT Bumi Aksara: Jakarta.
Eggen, Paul. 2012. Strategi dan model pembelajaran. Jakarta: PT Indeks.
Wulandari, Indah. 2016. Penerapan Model Teams Games Tournament (Tgt) Menggunakan Media Teka-Teki Silang Dalam Pembelajaran Sejarah Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Kelas X2 Di SMA Islam 1 Surakarta tahun pelajaran 2014/2015. Skrispi. Universitas Sebelas Maret Surakarta. Dari https://digilib.uns.ac.id/ diakses pada tanggal 28 Juli 2019
Published
2021-11-04
Section
Articles