KOMPETENSI GURU IPS DALAM PEMBELAJARAN DI SMPN 02 KEPANJEN KABUPATEN MALANG

  • Hendra Rustantono Universitas Islam Raden Rahmat Malang
  • Hanifatus Sa’adah Universitas Islam Raden Rahmat Malang
Keywords: Kompetensi Guru, Guru IPS, Pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana kemampuan guru dalam menyusun Rencana Perangkat Pembelajaran (RPP) serta memahami, meguasai dan menerapkan teori belajar sesuai taraf perkembangan peserta didik dalam pembelajaran. Subjek penelitian ini adalah seluruh dewan Guru SMPN 02 Kepanjen. Pengambilan sampel dilakukan untuk tujuan tersebut. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan angket. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif yaitu diolah, dianalisis penelitiannya, dan penarikan kesimpulan dalam bentuk persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pendidikan guru IPS dalam pembelajaran di SMPN 02 Kepanjen Malang berada pada kategori "baik" sebesar 60% (3 guru) dan "sangat" sebesar 40% (2 guru). termasuk dalam kategori "baik". 0% (0 guru) "cukup baik", 0% (0 guru) "tidak baik", dan 0% (0 guru) "tidak baik". Kemampuan profesional guru IPS di SMPN 02 Kepanjen Malang adalah 60% (3 guru) dalam kategori "baik", 20% (1 guru) "sangat baik" dan 20% "sangat baik". "Cukup baik" (1) guru), 0% "tidak baik" (0 guru), 0% "tidak baik" (0 guru).

References

Arikunto. 2013. Manajemen penelitian. Jakarta. Rineka Cipta
Depdikbud. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
Depdiknas. 2003. UU Nomor 20 Tahun 2003 Tentang SISDIKNAS. Jakarta
Faridatul. 2014. “Pengaruh profesionalitas guru terhadap hasil belajar pkn siswa kelas vii c di smpn 1 pulung”. http://eprints.umpo.ac.id/pdf
Khairul Azwar. 2015. Pengaruh sertifikasi dan kinerja guru terhadap peningkatan hasil belajar siswa di smp negeri 2 banda aceh. https://media.neliti.com.
Mulyasa. 2010. Standart Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung. PT Raja Rosdakarya.
Nana, Syaodih. 2009. Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek. Bandung:PT Remaja Rosdakarya
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, DanR&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&B. Bandung: Cv Alfabeta,cetakan ke-25
Suprihatin, Siti. 2015. Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa.
Jurnal Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Muhammadiyah Metro,
Vol.3.No.1, 73-82
Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Published
2021-11-04
Section
Articles