Pelatihan Guru Sekolah Luar Biasa (SLB) Siswa Budhi Surabaya Dalam Membentuk Kecakapan Hidup ABK Melaui Pembelajaran Pkn Berbasis Simulasi Permainan Tradisonal

  • Suhartono Suhartono PPKn, FKIP, UNIPA Surabaya
  • Suhari Suhari PPKn, FKIP, UNIPA Surabaya
  • Achmad Qomaru Zaman PPKn, FKIP, UNIPA Surabaya
Keywords: Guru SLB, PKn, Permainan Tradisional

Abstract

Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini dilaksanakan dengan tujuan memberikan pelatihan bagi guru-guru yang mendampingi siswa berkebutuhan khusus di Sekolah Luar Biasa Siswa Budhi Surabaya dalam membangun SDM berdaya saing di Era Global dengan segala keterbatasan fisik yang dimiliki melalui pembelajaran PKn berbasis permainan tradisional. Bagaimanapun kekurangan fisik yang dimiliki oleh siswa Sekolah luar biasa Siswa Budhi mereka juga mempunyai Hak dan kesempatan yang sama sebagai warga negara Indonesia untuk berkembang dan berkarya seperti manusia normal pada umumnya. Skenario dari kegiatan pengabdian pada masyarakat ini dengan mempergunakan tes (pretest dan posttest design) dalam pelaksanaannya. Adapun Metode yang dipergunakan dalam kegiatan ini ialah pembelajaran Audio visual dan metode simulasi permainan tradisional. Jumlah peserta dalam kegiatan ini ada 8 orang guru SLB. Ada tiga sesi dalam kegiatan pelatihan ini. Sebelum dilaksanakan kegiatan para peserta diberikan tes awal mengerjakan beberapa soal yang sudah Tim siapkan, adapun tujuan pemberian tes di awal kegiatan ialah untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan para peserta tentang pembelajaran PKn pada siswa berkebutuhan khusus. Hasil dari keseluruhan kegiatan PPM ini, dapat ditarik kesimpulan bahwa ada peningkatan pemahaman dan perbedaan cara mengajar yang dilakukan guru-guru pendamping siswa berkebutuhan khusus dalam pembelajaran PKn yang disampaikan kepada para siswa.  Hal ini dapat diukur melalui nilai rata-rata tes awal sebanyak 65.28 dan setelah mengikuti pelatihan nilai rata-rata meningkat menjadi 72.75.

Published
2020-02-16
Section
Articles