Pengaruh Penggunaan Peralatan Make Up Terhadap Keterampilan Tata Rias Siswa Tunarungu Kelas VIII SMPLB di SLB – B & AUTIS TPA Jember

  • rosika novia megaswarie
  • Dina Lutfiana Fentika Dewi SLB-A-B dan Autis TPA JEMBER
Keywords: Make up, Tata Rias, Tunarungu

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh penggunaan  peralatan make up terhadap keterampilan tata rias siswa tunarungu kelas VIII SMPLB di SLB – B dan Autis TPA Jember. Penelitian ini menggunakan metode pre eksperimen dengan desain penelitian “One Group Pretest Posttest Design”, yaitu sebuah eksperimen yang dilakukan pada suatu kelompok tanpa adanya kelompok pembanding atau kelompok kontrol. Penelitian ini dilaksanakan selama 5 kali pertemuan dengan rincian, 1 kali pre test, 3 kali treatment dan 1 kali post test. Subjek penelitian ini adalah siswa tunarungu yang berjumlah 3 siswa.  Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan rumus uji tanda (sign test) ini menunjukkan, nilai  lebih besar dibandingkan dengan nilai   yang saat dilihat pada uji satu sisi sehingga dapat diputuskan Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil analisis data yang diperoleh diketahui n = 3, dengan, α = 5%  (0,05), yang kemudian diuji dengan menggunakan rumus uji tanda (sign test). Selanjutnya hasil yang diperoleh pada pengujian satu sisi di temukan Z hitung = 2 dan dibandingkan dengan nilai kritis satu sisi 1,645, sehingga  >  yaitu artinya ada pengaruh yang signifikan penggunaan peralatan make up terhadap keterampilan tata rias siswa tunarungu kelas VIII SMPLB DI SLB – B & AUTIS TPA Jember

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-07-31