Penerapan Metode Focused Group Discussion (FGD) Untuk Meningkatkan Kinerja Guru Dalam Mengajar di SMPLB BCD YPAC Jember

  • Suparwoto, S.Pd.
Keywords: Focused Group Discussion (FGD), Kinerja Guru, Mengajar

Abstract

Penelitian tindakan sekolah ini bertujuan untuk mendeskripsikan Penerapan Metode Focused Group Discussion (FGD) untuk Meningkatkan Kinerja guru dalam Mengajar di SMPLB BCD YPAC Jember Tahun Pelajaran 2020/2021. Lokasi penelitian atau tempat penelitian adalah tempat yang digunakan dalam melakukan penelitian untuk memperoleh data yang diinginkan. Penelitian ini bertempat di SMPLB BCD YPAC Jember, Jl. Imam Bonjol no 42 Jember. Waktu penelitian adalah waktu berlangsungnya penelitian atau saat penelitian ini dilangsungkan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli 2020. Subyek penelitian tindakan sekolah ini adalah guru SMPLB BCD YPAC Jember, yang berjumlah 5 orang. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan. Dari hasil penelitian tindakan sekolah yang telah dilakukan selama dua siklus dan berdasarkan pembahasan serta analisis yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa penerapan Metode Focused Group Discussion (FGD) dapat meningkatkan kinerja guru dalam mengajar di SMPLB BCD YPAC Jember Tahun Pelajaran 2020/2021. Pada siklus I diperoleh data jumlah total nilai 8,7, maka diperoleh rata-rata 1,74 (C). Sedangkan pada siklus II ada peningkatan total nilai 13,7 maka diperoleh rata-rata 2,74 (B) yaitu nilai yang sangat bagus/baik

Downloads

Download data is not yet available.

References

Barnawi dan Mohammad Arifin. (2014). Peningkatan Kinerja Kepala sekolah: Upaya Upgrade Kapasitas Kerja Kepala sekolah, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Budiningsih, Asri. (2004). Pembelajaran Moral Berpijak pada Karakteristik Siswa dan Budayanya , Jakarta : Rineka Cipta.
Danim, Sudarwan. (2002). Inovasi Pendidikan: Dalam Upaya Meningkatkan Profesionalisme Tenaga Kependidikan. Bandung: Pustaka Setia.
Hasanah, Siti Muawanatul. (2009). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Kinerja guru dalam mengajar Di Komunitas Sekolah: Studi Kasus Di SMK Telkom Sandhy Putra Malang. Malang: Tesis UIN Malang Tidak Diterbitkan.
Isjoni. (2011). Cooperative Learning Efektivitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta.
Johnson & Johnson. (1993). Contextual Teaching end Learning. Bandung: Kaifa
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan: Direktorat Jenderal GTK. (2016). Konsep Supervisi Manajerial: Program Kepala sekolah Pembelajar Tahun 2016, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kotter, J.P. & J.L. Hesket. (1992). Dampak Budaya Perusahaan Terhadap Kinerja. Jakarta : Prenhallindo.
Margono. (2005). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Muhaimin. (2009). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran : Upaya Reaktualisasi Pendidikan Islam. Malang: LKP21.
Mulyasa. (2005). Menjadi Guru, Menciptakan Pelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Priansa, Donni Juni. (2014). Kinerja dan Profesionalisme Guru. Bandung: Alfabeta.
Rifai, Veithzal. (2006). Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi, Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
Rohani, H.M. Ahmad dan abu Ahmadi. (1991). Pedoman Penyelenggaraan Administrasi Pendidikan Sekolah , Jakarta : Bumi Aksara.
Semiawan, C.R. (1991). Strategi Pengembangan Diri Untuk Menjadi Pemimpin Jakarta: Grasindo.
Siagian, Sondang P. (2003). Teori dan Praktek Kepemimpinan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Sutopo, Hendiyat. (1984). Kepemimpinan dan Supervise Pendidikan, Jakarta : Bina Aksara.
Published
2022-01-18