Pengaruh Media Kombinasi Flashcard Braille dan Media Realia Terhadap Kemampuan Mengenal Huruf Abjad Pada Siswa Tunanetra Kelas I di SLB Samala Nerugrasa Lumajang

  • Dina Alifah PLB FKIP Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Asrorul Mais PLB FKIP Universitas PGRI Argopuro Jember
  • Dedy Ariyanto
Keywords: Flashcard Braille, Media realia, Abjad, Tunanetra

Abstract

Dalam penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan pengaruh media flashcard Braille dan media realia terhadap kemampuan mengenal huruf abjad pada siswa tunanetra kelas I di SLB Samala Nerugrasa Lumajang. Dalam Penelitian ini, peneliti menggunakan metode Single Subject Research (SSR) desain A-B. Subjek dari penelitian ini adalah anak Tunanetra dengan inisial R. Pengumpulan data  dari penelitian ini yaitu tes unjuk kerja. Penelitian dilakukan sebanyak 10 sesi. Hasil persentase dari fase baseline (A) yaitu 27%, 25%, 25%, 32%, dan 25%. Dan mengalami peningkatan  pada fase intervensi (B) yaitu 36%, 45%, 59%, 68%, dan 68%. Maka dapat diketahui bahwa ada pengaruh dari media kombinasi flashcard Braille dan media realia terhadap kemampuan mengenal huruf abjad pada siswa Tunanetra kelas I di SLB Samala Nerugrasa Lumajang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adji, Sunyo & Ranni, N. (2013). Games. Bandung: YRAMA WIDYA.
Hadi, Purwaka. (2005). Kemandirian Tunanetra. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Sunanto, Juang. (2005). Mengembangkan Potensi Anak Berkelainan Penglihatan. Jakarta: Departemen Pendidikan Kebudayaan, Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi.
Sunanto, Juang. (2005). Pengantar Penelitian Dengan Subyek Tunggal. Bandung: UPI
Mais, Asrorul. (2016). Media Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus. Jember: CV. Pustaka Abadi
Pujiastuti, Leni. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Tari Bambu Pada Pembelajaran Berbicara(Penelitian Eksperimen Semu terhadap Siswa Kelas VII SMP Yas Bandung Tahun Ajaran 2012-2013). Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Somantri, Sutjihati. (2012). Psikologi Anak Luar Biasa. Bandung: PT. Reflika Aditama
Sunanto, Juang. (2005). Pengantar Penelitian Subjek Tunggal. Bandung:UPI
Published
2022-01-18