Implementasi Program Intervensi Dini Pada Peserta Didik Berkebutuhan Khusus Dengan Hambatan Intelektual di Sekolah PAUD Inklusi Jember

  • Renalatama Kismawiyati
Keywords: Intervensi dini, Peserta Didik Berkebutuhan Khusus

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan implementasi program intervensi dini pada peserta didik berkebutuhan khusus dengan hambatan intelektual di sekolah PAUD Inklusi Jember. Pendekatan penelitian yang digunakan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Subyek Penelitian ini adalah tenaga pendidik di dua sekolah PAUD Inklusi Jember. Hasil temuan penelitian 1) Implementasi program intervensi dini pada Anak Hambatan Intelektual di sekolah PAUD Inklusi Jember sudah berjalan cukup baik meskipun belum maksimal. 2) Faktor penghambat yang ditemukan yaitu kurangnya kerjasama dengan para ahli dan kurangnya dukungan civitas sekolah dalam melaksanakan program intervensi dini pada peserta didik berkebutuhan khusus dengan hambatan intelektual di sekolah PAUD Inklusi JEMBER

Downloads

Download data is not yet available.

References

Chasanah & Pradipta. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Sempoa Geometri Pada Kemampuan Berhitung Tunagrahita: Jurnal ORTOPEDAGOGIA.
Direktorat PAUD. (2004). Konsep Dasar Anak Usia Dini. Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik
Hallahan, D. P & Kauffman, J. M. (1988). Exeptional Children. New Jersey: Prentice Hall.
Heward W. L. & Orlansky M. D. (1988). Exceptional Children. Colombus, Ohio: Merril
McLoughlin, J.A. dan Lewis, R.B. (1986). Assesing Special Students. Ohio: Merril Publishing Company.
Mulyana Dedy. (2001). Metodologi Penelitian. Kualitatif: Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial lainnya. Bandung: Remaja Rosydakarya.
Moleong. LJ. (1994). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta : Erlangga.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 70 tahun 2009 tentang Pendidikan Inklusif (Pensif) bagi Peserta Didik yang Memiliki Kelainan dan Memiliki Potensi Kecerdasan dan/atau Bakat Istimewa.
Sugiyono. (2010). Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sulaksono, Aditya. (2007). Gambaran Burn Out pada Guru Pendamping Anak Autis di Sekolah Dasar Negeri 04 Pagi Jakarta Timur : SD Penyelenggara Pendidikan Inklusi. Jakarta: Skripsi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
Sunardi dan Sunaryo. (2007). Intervensi Dini Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta: Depdiknas.
Umroh, I. L. (2019). Peran Orang Tua dalam Mendidik Anak Sejak Dini Secara Islami di Era Milenial 4.0. TA’LIM: Jurnal Studi Pendidikan Islam, 2 (2), 228-225.
Published
2022-01-18