Kesulitan Orang Tua Dalam Mendampingi Anak Belajar Dimasa Pandemi Covid-19

  • Bhennita Sukmawati
  • Noviana Mariatul Ulfa FKIP UNIPAR
  • Sugihartatik Sugihartatik PLB FKIP Universitas PGRI Argopuro Jember
Keywords: pandemi covid 19, kesulitan belajar

Abstract

Dampak pandemi Covid 19 ini, menyebabkan jumlah korban yang meninggal akibat wabah ini meningkat cukup signifikan,  ratusan ribu sekolah ditutup untuk mencegah penyebaran, + 68 juta siswa melakukan kegiatan belajar dari rumah, dan sekitar empat juta guru melakukan kegiatan mengajar jarak jauh (Kemendikbud:2020). Para orang tua, terutama ibu dari para santri TPQ Baitul Makmur yang notabene seorang ibu rumah tangga dimana kegiatan sehari-harinya adalah mengelola aktivitas rumah mulai dari masak, nyuci dan bersih-bersih rumah. Wali murid TPQ Baitul Makmur tersebut mengeluhkan kesulitan dalam mendampingi anak-anaknya selama pandemi Covid 19. Ibu para santri merasa kesulitan untuk menjelaskan ulang mata pelajaran yang diberikan oleh guru, dikarenakan anak-anak seringkali tidak fokus belajar di rumah dan ingin cepat bermain. Sehingga ketika guru memberikan PR, kadangkala orang tua yang mengerjakan tugas tersebut, karena anak-anak sibuk bermain. Beberapa hal yang sudah dipaparkan maka muncul permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian ini 1. Bagaimana kesulitan yang dialami oleh orang tua dalam mendampingi anak dalam pembelajaran selama pandemi covid 19?;  2. Bagaimana peran orang tua dalam mendampingi anak dalam pembelajaran selama pandemi covid 19? Tujuan dalam penelitian ini antara lain : 1. Menemukan kesulitan yang dihadapi orang tua selama mendampingi pembelajaran anak selama pandemi covid 19.; 2. Menguraikan peran orang tua selama mendampingi pembelajaran anak selama pandemic covid 19. Manfaat dalam penelitian ini adalah diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi masyarakat khususnya orang tua,siswa, guru dalam memahami kesulitan yang dialami orang tua selama mendapingi anak dalam pembelajaran disaat pandemi covid 19, sehingga dapat bekerjasama dalam mencapai pembelajaran yang diberikan oleh pemerintah. Selain itu penelitian ini bisa dijadikan referensi  atau koreksi bagi  penelitian lainnya dan dapat dikembangkan untuk penelitian yang sejenis

Downloads

Download data is not yet available.

References

Moleong, Lexy.J. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosda.
Sugiono. (2018). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung:Alfabeta.
UNICEF. (2020). COVID-19 dan Anak-Anak di Indonesia Agenda Tindakan untuk Mengatasi Tantangan Sosial Ekonomi,https://www.unicef.org/indonesia/sites/unicef.org.indonesia/files/2020-05/COVID-19-dan-Anak-anak-di-Indonesia-2020_1.pdf. Dinduh tanggal 11 januari 2022.
Kemendikbud.(2020). Penyesuaian Keputusan Bersama Empat Menteri tentang Panduan Pembelajaran di Masa PandemiCOVID19. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/08/penyesuaian-keputusan-bersama-empat-menteri-tentang-panduan-pembelajaran-di-masa-pandemi-covid19. Diunduh tanggl 12 januari 2022.
Sumarni & Prawanti. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Selama Pandemic Covid-19 https://pengabdian%202021/603-Article%20Text-1544-1-10-20210216.pdf. Diunduh tanggal 12 januari 2022.
Utami , Etika Dewi. (2020). Kendala dan Peran Orangtua dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19.https://637-Article%20Text-1611-1-10-20210217.pdf. Diunduh tanggal 12 januari 2022.
Utami. (2020). Kendala dan Peran Orangtua dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-https://637-Article%20Text-1611-1-10-20210217.pdf. Diunduh tanggal 12 januari 2022.
Nabila, Nur Anisa. (2020). PEMBELAJARAN DARING DI ERA COVID-19. https://NOOR%20ANISA%20NABILA_2010914120013_FILSAFAT/umum.pdf
Published
2022-01-18