PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMPN 11 JEMBER TAHUN AJARAN 2015/2016

  • Siti Mutiatus Sholehah IKIP PGRI Jember
  • Novita Dwi Ariyani IKIP PGRI Jember

Abstract

Pola asuh orang tua merupakan faktor penting yang mempengaruhi prestasi siswa dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII SMPN 11 Jember tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif (kausal), dengan Metode penentuan daerah penelitian Purposive Sampling Area yaitu SMPN 11 Jember. Jumlah subjek penelitian 60 siswa yang menggunakan metode kuota proporsional random sampling tekhnik undian. Metode pengumpulan data menggunakan 4 metode yaitu, angket, interview, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan analisa data menggunakan Product Moment diperoleh angka 0,884 dengan tingkat signifikan <0,05 yaitu 0,000 dengan demikian ada pengaruh pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar siswa SMPN 11 Jember tahun ajaran 2015/2016 dengan kontribusi sebesar 88,4%. Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh signifikan pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar siswa SMPN 11 Jember tahun ajaran 2015/2016.

Published
2019-08-26
Section
Articles