PENGARUH PENGELOLAAN DIRI TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS XI SMK DARUL HIKMAH SUMBERSARI TAHUN AJARAN 2017/ 2018

  • Akhmad Rifqi Azis IKIP PGRI Jember
  • Hisbiyatul Hasanah IKIP PGRI Jember
  • Afify Aisyatul Wardah IKIP PGRI Jember
Keywords: Pengelolaan Diri, Minat Belajar

Abstract

Pengelolaan diri merupakan layanan kemampuan individu dalam mengatur dan mencegah dirinya melalui kebiasaan perilaku yang lebih baik dari sebelumnya yang dapat mempengaruhi minat belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk dapat mengetahui adanya pengaruh pengelolaan diri terhdap peningkatan minat belajar siswa XI SMK Darul Hikmah Sumbersari Tahun Ajaran 2017/2018. Desain penelitian ini adalah penelitian kuantitratif (kausal). Metode penentuan daerah penelitian menggunakan metode Purposive Sampling Area dengan pertimbangan  tertentu  yaitu  SMK  Darul  Hikmah  Jember.  Jumlah responden dalam  penelitian   ini   sebanyak   40   siswa   menggunakan   metode Sampling Kuota. Teknik pengumpulan data dalam   penelitian ini menggunakan observasi tidak terstruktur, dokumentasi dan angket. Untuk pengumpulan data yang utama menggunakan rumus korelasi Product Moment. Dengan   bantuan   SPSS   v.17.   Hasil   data   yang   di   peroleh   melalui perhitungan SPSS dapat diketahui korelasi antara pengelolaan diri dan minat belajar siswa kelas XI SMK Darul Hikmah Jember diperoleh angka 0,597 hal ini berarti 59,7% data keduanya berpengaruh. Koefisien korelasi signifikan dengan tanda ** yaitu tingkat kepercayaan sebesar 99%. Berdasarkan hasil analisis dan pengujian hipotesis, diperoleh data bahwa Ho ditolak yang berarti ada pengaruh pengelolaan diri terhadap minat belajar siswa . Berarti dalam penelitian ini ada pengaruh yang signifikan antara pengelolaan diri terhadap minat belajar siswa kelas XI di SMK Darul Hikmah Sumbersari tahun ajaran 2017/2018. Hal ini dapat dilihat pada hasil perhitungan angket pada perhitungan SPSS V.17.

Published
2020-01-07
Section
Articles