PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG PENJUMLAHANMELALUI MEDIA AQURIUM DUA DIMENSI PADA SISWA TUNAGRAHITA KELAS VII C1 SMPLB KEMALA BHAYANGKARI TRENGGALEK SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2018/2019

  • Insih Wiji Utami IKIP PGRI Jember
Keywords: Kemampuan berhitung penjumlahan, Media Aquarium Dua Dimensi, Tunagrahita

Abstract

Anak Tunagrahita Sedang mengalami kesulitan dalam mempelajari hal-hal yang bersifat abstrak, sulit berkonsentrasi, cepat lupa, dan miskin pengalaman, sehingga mereka mengalami kesulitan dalam pembelajaran, salah satunya dalam pembelajaran matematika.  Matematika memiliki tingkat kesulitan paling tinggi, karena apabila diajarkan dengan ceramah akan menjadi materi abstrak (tidak nyata) Salah satu hasil belajar yang ingin dicapai adalah anak mampu menyelesaikan penjumlahan.Menurut BSQP Kompetensi Dasar Matematika kelas VII C1 SMPLB untuk semester 1 pada mata pelajaran Matematika dengan pokok bahasan penjumlahan memerlukan keterampilan khusus. Untuk itu diperlukan suatu alat bantu sebagai pendekatan pembelajaran. Menurut Estiningsih (dalam Ari, 2009) menyatakan bahwa alat peraga merupakan media pembelajaran yang mengandung atau membawakan ciri-ciri dari konsep yang dipelajari.Media Aquarium Dua Dimensi merupakan salah satu media yang murah dan dekat dengan lingkungan sehari-hari..Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Kemampuan Berhitung PenjumlahanMelalui Media Aqurium Dua Dimensi Pada Siswa Tunagrahita Kelas VII C1 SMPLB-C Kemala Bhayangkari Trenggalek Semester I Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan di SMPLB Kemala BhayangkariTrenggalek yang dilaksanakan pada bulan September - November 2018pemahaman konsepberhitung penjumlahanmelalui media aquarium dua dimensi.Sedangkan kelas yang dijadikan obyek dalam Classroom Action Research ini adalah siswa tunagrahita Kelas VII C1SMPLB Kemala Bhayangkari Semester 1Tahun Pelajaran 2018/2019 yang siswanya berjumlah 9 anak. Berdasarkan langkah-langkah yang diterapkan dalam 2 siklus pada penelitian tindakan kelas ini dapat disimpulkan bahwa hasil Kemampuan Berhitung PenjumlahanMelalui Media Aqurium Dua Dimensi Pada Siswa Tunagrahita Kelas VII C1 SMPLB-C Kemala BhayangkariTrenggalek Semester I Tahun Pelajaran 2018/2019 mengalami peningkatan setelah diterapkanMedia aquarium dua dimensi. Hal ini dapat dibuktikan dengan kenaikan rata-rata kemampuan membilang, pada sebelum siklus 54,4, siklus I sebesar 70 dan siklus II sebesar 80. Ketuntasan juga mengalami peningkatan pada sebelum siklus sebesar 22,2%, pada siklus I sebesar 66,7 % dan pada siklus II sebesar 88,9%.

Published
2020-01-07
Section
Articles